Sabtu, 24 Agustus 2013

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Yang bakalan aku share selanjutnya adalah tentang " JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER "
Ada yang mau tahu jenis jaringan komputer ? silahkan baca artikelnya di bawah ini. 


jenis jenis jaringan komputer adalah :


1. Local Area Network ( LAN )

Local Area Network ( LAN ) merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti : kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah, dll. tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi biasa disebut  " Hotspot ".

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri. setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti Printer.
 

LAN mempunyai karakteristik sbb :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi



2. Metropolitant Area Network ( MAN )

Metropolitan Area Network ( MAN ) meupakan sebuah jaringan dalam kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti : kampus, pemerintahan, perkantoran, dll.  MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. jangkauan dari MAN ini antara 10 - 50 KM , MAN merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor dalam satu kota antara pabrik atau instansi dan kantor pusat yang berada didalam jangkauannya

3. Wide Area Network ( WAN )

 
Wide Area Network ( WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.

WAN dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lainnya.

4. Internet

Internet adalah jaringan komputer yang mencangkup area diseluruh dunia.  jadi semua orang di belahan bumi ini dapat berkomunikasi dan juga bertukar data di internet.


5. Wireless
Wireless Network / Jaringan Nirkabel  merupakan bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. jaringan nirkabel sering dipakai utk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat maupun pada jarak jauh. bidang ini sangat erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi : Wireless, dan Wi-Fi.
6.) WiMax
 
 WiMax adalah teknologi tercanggih dan juga terbaru saat ini, dan juga merupakan teknologi jaringan masa depan, dimana WiMax merupakan pengembangan dari Wireless dengan meningkatkan jarak jangkauan dan beberapa kemampuan yang tidak dimiliki pada Wileress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar