Jumat, 23 Agustus 2013

Apa Itu Internet ?

Internet. Kata itu sudah tidak asing lagi didengar oleh beberapa kalangan. internet memang dibutuhkan oleh semua orang. namun, apakah arti dari internet ???

internet memiliki kepanjangan " Interconnection Networking " yang berarti : hubungan komputer dengan berbagai type yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti : telepon, radio link, satellite, dan lain lain.



Internet memiliki banyak istilah. beberapa diantaranya : 

- WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan Web Server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data & informasi.

- Web Pages (Halaman Web), merupakan halaman khusus dari situs Web tertentu.  

- Website (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. 

- Homepage, merupakan " Sampul Halaman " yang berisi daftar isi ,menu  ,dll dari sebuah web site.

- Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk
 mempermudahkan melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada world wide web ( WWW ) 



 internet pun memiliki fasilitas - fasilitas yang unik. seperti :


- Web, merupakan fasilitas Hypertext untuk menampilkan data data berupa : text, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. 

- E-Mail , memiliki kepanjangan " Electronic Mail ". dengan fasilitas ini pengguna dapat mengirim dan menerima surat elektronik pada pemakai atau dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet dan dapat menyertakan file sebagai lampiran 

- FTP (File Transfer Protocol ), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu mendownload file yang anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer anda.

 - Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran atau file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik topik tertentu. Dengan fasilitas ini , pengguna dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.



 Jadi, secara keseluruhan arti Internet adalah :   Hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti : Telepon, radio link, satellite, dll  dan memiliki banyak istilah dan beberapa diantaranya seperti : World Wide Web, Web Pages, Website, Homepage, dan Browser serta memiliki banyak fasilitas seperti: Web, E-Mail, FTP, dan Newsgroup, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar