Minggu, 25 Agustus 2013

Perangkat Keras Untuk Akses Internet

  -->    Hmmmm.... apa - apa saja ya perangkat keras untuk mengakses internet ? yuk, kita simak bersama sama tentang perangkat keras untuk mengakses internet !
1. Komputer
Perangkat keras yang paling utama untuk mengakses jaringan internet adalah komputer. selain  komputer, masih terdapat beberapa perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan komputer, seperti : Notebook, PDA, Handphone dan lainnya. sebuah komputer dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet harus memenuhi  beberapa syarat tertentu seperti : 
               + Processor
               + RAM ( Random Access Memory )
                       Tipe Tipe RAM :
                              - DRAM
                              - SRAM
                              - FPM Memory
                              - EDO Memory
                              - SDRAM
                              - DDR
                              - DDR 2
                              - Dan Lainnya
               + Harddisk
               + VGA Card
               + Monitor
2. Modem ( Modulator Demodulator )
modem merupakan suatu perangkat keras untuk komunikasi tambahan bagi komputer, berfungsi untuk mengkonversikan signal analog menjadi signal digital dan demikian juga sebaliknya. signal digital adalah signal elektronik, yang diwakili angka 0 dan angka 1, angka 1 mewaili signal hidup dan angka 0 mewakili signal mati. dengan demikian signal kombinasi angkalah sebuah komputer mampu mengkonversi data menjadi bentuk teks, grafik dan sebagainya. sedangkan signal analog merupakan bentuk gelombang bunyi melalui kabel elektrik atau telepon. jenis-jenis modem adalah sebagai berikut ini :
1.)  Modem Dial Up
  • Modem Internal, yaitu modem yang dipasan di dalam komputer. modem ini ditancapkan dalam slot yang telak tersedia. modem ini sumber dayanya jadi satu dengan CPU.
  • Modem External, yaitu modem yang dipasang diluar komputer yang mana dihubungkan dengan menggunakan kabel USB. modem external sumber dayanya yang dari CPU mempunyai sumber dayanya sendiri.
2.)  Modem Kabel
          Modem kabel adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel

3.)  Modem ADSL ( Assymmetric Digital Subscriber Line )
        Modem ADSL merupakan bentuk dari DSL. ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik. artinya   bahwa datanya ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

Jenis jenis modem antara lain :
 
  • Modem Analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital

  • Modem ADSL

  • Modem Kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV kabel

  • Modem CDMA

  • Modem 3GP
  • Modem GSM

3. Jaringan Komunikasi
satu hal yang tak kalah penting untuk dapat mengakses jaringan internet adalah jaringan komunikasi. jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu :
A.)    Kabel Telepon
telepon merupakan saluran komunikasi untuk mentransfer data. sarana komunikasi ini penting untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
B.)       Layanan GPRS, GSM & CDMA. 
       selain digunakan untuk keperluan telepon, hampir semua jaringan  seluler GPRS, GSM dan CDMA  dapat digunakan untuk mengakses internet.
C.)        Jaringan Kabel Optic
      sekarang kita bisa mengakses internet dengan memanfaatkan jaringan kabel optic yang merupakan  kombinasi kabel koaksial dan fiber optic yang umumnya disebut HFC (Hybrid Fibre Coaxial) yang  memungkinkan kapasitas chanel lebih banyak didalam dua arah
D.)        Satelite 
        Satelite juga merupakan media akses internet yang handal dan cepat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar