Sabtu, 24 Agustus 2013

Apa Itu Intranet ?

kalau di postingan kemarin saya " apa itu internet " , kali ini , kita akan membahas tentang INTRANET. nah, sekarang, pertanyaannya , APA ITU INTRANET ?? banyak dari kita mungkin bertanya - tanya tentang intranet.

arti sebenarnya dari intranet itu adalah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol - protokol internet , untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, seperti protokol internet, klien, dan juga server protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.


Kebutuhan intranet juga didorong oleh beberapa tekanan tekanan teknologi seperti :
  • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk produk industri.
  • Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan juga kebutuhan para pelanggannya.
  • Intranet juga mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web ( WWW ) yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan oleh masyarakat yang menggunakan internet. 
  • Dan lainnya.

 2 contoh kegunaan intranet

1.) Membuat perusahaan atau institusi menjadi semakin efisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat sistem informasi manajemen yang berbasis web dan database. 

2.) Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif didunia. bahkan mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolah secara baik sumber daya manusia dan juga sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan atau perusahaan tersebut. ilmu atau konsep yang berkaitan dengan hal hal ini adalah konsep knowledge management. dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yg bersifat Implicit maupun Eksplisit.


 Beberapa manfaat penggunaan intranet untuk sekolah. seperti :
  • Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah.
  • Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan yang lebih cerah.
  • Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran.
  • Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu.
  • Dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar