Selasa, 04 Maret 2014

Alat Pencernaan Manusia ( Part 1 )

Hi All ! Kali ini , saya mau membagi info tentang alat pencernaan manusia. silahkan dibaca yaa.... :)





1. RONGGA MULUT
Urutan pertama proses pencernaan makanan pada manusia adalah masuknya makanan melalui mulut(cavum oris). Di dalam rongga mulut terjadi dua proses pencernaan makanan, yaitu Pencernaan secara Mekanik dan Pencernaan secara Kimiawi. Pencernaan mekanik dibantu oleh gigi dengan menghancurkan makanan menjadi bagian yang lebih kecil. Sedangkan pencernaan kimiawi makanan dicerna dengan bantuan enzim ptialin yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yang berfungsi untuk mengubah zat tepung pada makanan menjadi zat gula. Di dalam mulut juga terdapat lidah yang berfungsi sebagai alat pengecap, membantu menempatkan makanan dalam mulut dan membantu menelan makanan untuk masuk ke kerongkongan(esophagus).


2. KERONGKONGAN
Setelah makanan dicerna dalam mulut, selanjutnya makanan akan masuk ke dalam kerongkongan. Kerongkongan adalah saluran penghubung antara mulut dengan lambung. Di dalam kerongkongan terjadi gerakan peristaltik, yaitu gerakan memijat dan meremas-remas makanan pada dinding kerongkongan. Akibat dari gerakan ini akan mengakibatkan makanan masuk ke dalam lambung.


3. LAMBUNG
Lambung adalah kantong besar yang terdapat di dalam rongga perut sebelah kiri. Di dalam lambung, terjadi dua proses pencernaan makanan, yaitu pencernaan mekanik dan kimiawi. Pada pencernaan mekanik makanan dicerna dengan bantuan otot-otot polos pada dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi makanan dicerna dengan dibantu oleh beberapa enzim yang dihasilkan oleh kelenjar lambung yaitu :

1. Asam Khlorida (HCL) --> Mengasamkan makanan, membunuh kuman-kuman penyakit dan mengaktifkan enzim pepsin.

2. Pepsin -- > Mengubah protein menjadi pepton

3. Renin --> Merubah susu menjadi kasein

Thanks :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar