Jumat, 06 Desember 2013

Mengapa Arah Jarum Jam Berputar Dari Kanan Ke Kiri , Dan Bukan Sebaliknya ??

Hi All ! kali ini , saya mau memberi sedikt informasi tentang : 
 
" Mengapa arah jarum jam berputar dari kanan ke kiri dan bukan sebaliknya ?  "

postingan kali ini akan membahas pertanyaan di atas ! yaudah dehh... silahkan baca info nya dibawah ini :) :) :) :) :)

Ini berawal dari jaman dahulu, jauh sebelum jam seperti sekarang ini ditemukan. pada jaman dahulu, beberapa suku dan bangsa kuno sudah menciptakan sistem pengukuran waktu dengan cara yang unik. contohnya adalah bangsa Mesir yang sudah memanfaatkan pergerakan matahari sebagai penentu waktu. bangsa Mesir pada jaman dahulu ternyata sudah memiliki sistem waktu yang mereka gunakan dengan bantuan sinar matahari.

Bangsa Mesir membangun sebuah tugu yang besar yang disebut dengan Obeliks yang ditempatkan di posisi tertentu. Ketika matahari bergerak maka bayangan yang dibuat oleh tugu obeliks tadi juga ikut bergerak sesuai dengan arah pergerakan matahari. nah, dari sanalah mereka bisa mengukur waktu.

Lalu kenapa dari arah kanan ke kiri? Mesir itu berada di belahan bumi bagian utara, sedangkan matahari mulai terbit dari arah timur. nah, ketika matahari bergerak dari arah timur maka bayangan dari tugu obeliks itu kemudian bergerak ke kanan. itulah sebabnya kenapa arah jam dibuat berputar dari arah kanan ke kiri.

Nah , sudah tau semua kan all ? hehehe.. Thanks ya :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar